Hour of Code

AI Adventure

Proyek AI Seru Khusus Liburan

Bergabunglah dengan kami dalam program Hour of Code, belajar coding seru dan edukatif yang dirancang untuk anak SD, SMP dan SMA. Mari ciptakan masa depan dengan teknologi AI!

Scratch Coding
✔ Simple Chatbot AI
✔ AI Image Recognition
Cocok untuk anak usia 8-12 tahun.
Roblox Studio
✔ Dynamic Obstacles with AI
✔ Item Collecting Adventure
Cocok untuk anak usia 13 tahun ke atas.
Machine Learning
✔ AI Face Detection
✔ AI Speech Recognition
Cocok untuk anak usia 16 tahun ke atas.
Hero Hour of Code AI

Hour of Code adalah inisiatif global untuk memperkenalkan anak-anak dan remaja pada dunia pemrograman. Program ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk mengeksplorasi teknologi dan mengembangkan keterampilan coding mereka. Dengan tema AI, kami menghadirkan berbagai proyek yang menarik dan edukatif untuk semua tingkat pendidikan.

ScratchCoding

Scratch Coding

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dirancang khusus untuk memudahkan anak-anak dan pemula dalam mempelajari dasar-dasar pemrograman. Dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab, Scratch memungkinkan pengguna untuk membuat proyek interaktif seperti permainan, animasi, dan cerita tanpa perlu menulis kode teks.

RobloxStudio

Roblox Studio

Roblox Studio adalah alat pengembangan game gratis yang disediakan oleh platform game online Roblox. Dirancang untuk memudahkan pengguna dari berbagai tingkat keahlian dalam membuat dan membagikan game 3D, Roblox Studio menawarkan lingkungan yang kaya fitur untuk mengembangkan permainan dan pengalaman interaktif.

MachineLearning

Machine Learning

Machine Learning (ML) dengan Python adalah salah satu cara paling populer untuk mempelajari dan mengimplementasikan algoritma ML karena Python memiliki banyak pustaka dan alat yang memudahkan pengembangan model ML. Machine Learning adalah cabang dari kecerdasan buatan yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu tanpa diprogram secara eksplisit.

Apa yang akan dipelajari?

Scratch Coding
Usia 8-12

  • Mengenal antarmuka Scratch dan berbagai blok pemrograman dasar.
  • Menggunakan blok perintah seperti “when green flag clicked”, “say”, “ask”, dan “answer”.
  • Membuat program yang dapat berinteraksi dengan pengguna.
  • Memprogram karakter AI untuk merespons input dari pengguna.
  • Menggunakan blok “if then else” untuk membuat AI memberikan respon yang berbeda berdasarkan pertanyaan yang diajukan.
  • Menangani berbagai kondisi dan respons yang sesuai.
  • Memilih atau merancang sprite yang menarik untuk AI.
  • Memberikan nama dan karakteristik unik pada AI.
  • Mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.
  • Memikirkan cara agar AI bisa mengenali dan merespons variasi pertanyaan yang serupa.
  • Memahami konsep dasar AI melalui chatbot yang dapat merespons pertanyaan.
  • Belajar bagaimana AI dapat digunakan untuk interaksi sederhana dengan manusia.
  • Membuat program yang dapat berinteraksi dengan gambar yang diberikan pengguna.
  • Memprogram AI untuk merespons input berdasarkan gambar yang dikenali.
  • Menggunakan blok “if then else” untuk memberikan respon yang berbeda berdasarkan gambar yang dikenali.
  • Menangani berbagai kondisi dan memberikan tanggapan yang sesuai.
  • Memanfaatkan sensor gambar atau mengenali sprite yang bersentuhan.
  • Belajar bagaimana program dapat mendeteksi dan merespons gambar atau objek tertentu.
  • Merancang dan menambahkan gambar atau sprite yang ingin dikenali oleh program.
  • Memberikan tanggapan atau reaksi yang kreatif dan menarik untuk setiap gambar yang dikenali.
  • Mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.
  • Merancang logika yang efektif untuk mengenali dan merespons berbagai gambar.
  • Memahami konsep dasar pengenalan pola melalui gambar.
  • Belajar bagaimana AI dapat digunakan untuk mengenali dan merespons gambar sederhana.

Roblox Studio
Usia 12+

  • Menggunakan toolbox, properties, explorer, dan output window.
  • Menambahkan dan mengkonfigurasi part untuk membuat rintangan.
  • Menulis dan memahami skrip dasar menggunakan bahasa pemrograman Lua.
  • Mendeklarasikan variabel dan membuat fungsi sederhana.
  • Menggunakan pernyataan if, while, dan for untuk mengontrol aliran program.
  • Memahami dan mengimplementasikan gerakan rintangan menggunakan TweenService atau perubahan posisi secara manual.
  • Membuat rintangan yang bergerak dengan pola tertentu (misalnya zigzag, naik-turun).
  • Mengatur rintangan untuk merespon posisi pemain (misalnya, rintangan berhenti atau berubah pola ketika pemain mendekat).
  • Menangani event Touched untuk mendeteksi ketika pemain bersentuhan dengan rintangan.
  • Menggunakan wait() dan spawn() untuk mengatur waktu dan urutan gerakan.
  • Merancang level dengan penempatan rintangan yang menantang namun adil.
  • Menyesuaikan kecepatan dan pola gerakan rintangan untuk meningkatkan atau menurunkan kesulitan permainan.
  • Menguji permainan untuk memastikan rintangan bergerak sesuai dengan yang diinginkan dan merespon pemain dengan benar.
  • Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dalam skrip menggunakan output window dan teknik debugging dasar.
  • Menambahkan dan mengkonfigurasi part untuk membuat item yang akan dikumpulkan dan NPC AI penjaga.
  • Menulis dan memahami skrip dasar menggunakan bahasa pemrograman Lua.
  • Mendeklarasikan variabel dan membuat fungsi sederhana untuk mengelola item dan NPC AI.
  • Menggunakan pernyataan if, while, dan for untuk mengontrol aliran program.
  • Menangani logika saat pemain mengumpulkan item dan berinteraksi dengan NPC.
  • Membuat NPC yang berpatroli dengan pola tertentu di sekitar item.
  • Mengatur NPC untuk mengejar atau memberikan tantangan ketika pemain mendekat.
  • Menangani event Touched untuk mendeteksi ketika pemain mengumpulkan item atau mendekati NPC.
  • Menggunakan wait() dan spawn() untuk mengatur waktu dan urutan gerakan NPC.
  • Merancang level dengan penempatan item dan NPC yang strategis.
  • Menetapkan tujuan pengumpulan item dan menambahkan tantangan seperti NPC penjaga atau rintangan.
  • Membuat sistem untuk mengumpulkan dan menyimpan item dalam inventaris pemain.
  • Menambahkan sistem poin untuk setiap item yang dikumpulkan pemain.
  • Menguji permainan untuk memastikan pengumpulan item dan interaksi dengan NPC berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dalam skrip menggunakan output window dan teknik debugging dasar.
  • Menciptakan fitur tambahan seperti hadiah spesial untuk mengumpulkan semua item atau NPC dengan perilaku unik.
  • Bereksperimen dengan desain level dan mekanik permainan untuk membuat permainan lebih menarik dan menantang.

Machine Learning
Usia 15+

  • Menginstal dan mengimpor pustaka OpenCV di Python.
  • Pemahaman dasar tentang OpenCV dan kegunaannya dalam pengolahan gambar.
  • Konsep dasar tentang citra digital (gambar sebagai array pixel).
  • Cara kerja gambar berwarna (RGB) dan gambar grayscale.
  • Menggunakan OpenCV untuk membaca gambar dari file.
  • Menampilkan gambar menggunakan OpenCV dan matplotlib.
  • Penjelasan tentang Haar Cascades dan bagaimana mereka digunakan untuk deteksi objek.
  • Mengunduh dan memuat classifier Haar Cascade untuk deteksi wajah.
  • Menerapkan Haar Cascade classifier untuk mendeteksi wajah dalam gambar.
  • Menandai wajah yang terdeteksi dengan kotak pembatas (bounding box).
  • Mengubah gambar menjadi grayscale untuk deteksi yang lebih efisien.
  • Mengoptimalkan deteksi dengan mengatur parameter seperti scaleFactor dan minNeighbors.
  • Mengaplikasikan deteksi wajah secara real-time pada video streaming dari webcam.
  • Mengidentifikasi dan menangani kesalahan umum dalam deteksi wajah.
  • Memahami konsep dasar rekognisi suara.
  • Pengenalan pustaka SpeechRecognition di Python.
  • Menginstal pustaka SpeechRecognition dan pustaka terkait seperti pyaudio.
  • Menyiapkan lingkungan pemrograman untuk proyek rekognisi suara.
  • Mengakses dan menggunakan mikrofon untuk merekam suara.
  • Menangani input audio dari perangkat keras.
  • Menulis kode untuk merekam suara menggunakan pustaka SpeechRecognition.
  • Menyimpan rekaman suara dalam format yang dapat diolah.
  • Menggunakan fungsi pustaka SpeechRecognition untuk mengonversi suara yang direkam menjadi teks.
  • Memahami cara kerja dan batasan rekognisi suara.
  • Menggunakan API eksternal seperti Google Web Speech API untuk meningkatkan akurasi rekognisi suara.
  • Memahami cara kerja API dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam aplikasi.
  • Menangani kesalahan umum dalam rekognisi suara, seperti gangguan suara atau input yang tidak jelas.
  • Teknik debugging dasar untuk memecahkan masalah dalam kode.
  • Memproses dan membersihkan teks hasil rekognisi untuk penggunaan lebih lanjut.
  • Menerapkan teknik dasar Natural Language Processing (NLP) seperti tokenisasi dan normalisasi teks.

Jadwal

Pilihan tanggal dan biaya:

Scratch Coding
Usia 8-12 tahun
Rp. 550.000
Rp. 275.000 (early bird)
24 - 27 Juni, 1 - 4 Juli 2024 (Weekday)
29 - 30 Juni, 6 - 7 Juli 2024 (Weekend)
Roblox Studio
Usia 13+
Rp. 650.000
Rp. 325.000 (early bird)
1 - 4 Juli 2024 (Weekday)
6 - 7 Juli 2024 (Weekend)
Machine Learning
Usia 16+
Rp. 750.000
Rp. 375.000 (early bird)
8 - 11 Juli 2024 (Weekday)
13 - 14 Juli 2024 (Weekend)

Pilihan waktu:

Weekday : 09:00-10:00, 10:00-11:00, 11:00-12:00, 13:00-14:00,14:00-15:00, 15:30-16:30
Weekend : 09:00-11:00,12:30-14:30, 15:00-17:00

Pilihan mode:

Offline : Rumah Coding, Jl. Margonda Raya Gg. Kramat Batas No. 4 Depok, Jawa Barat
Online : Via Zoom/Google Meet

Catatan:
- Weekday 1 jam per hari. Weekend 2 jam per hari.
- Setiap harap membawa dan mempersiapkan latop masing-masing.
- Training akan dijalankan dengan minimal jumlah peserta 3 pada setiap sesi jadwal.

HoC Certificate

Certificate of Completion

Peserta akan mendapatkan sertifikat esklusif setelah menyelesaikan setiap sesi dalam workshop ini. Peserta akan mendapatkan sertifikat untuk setiap sesi yang diikuti Bagi peserta online akan mendapatkan sertifikat digital.

Modul Pembelajaran

Peserta akan mendapatkan modul pembelajaran yang komprehensif sebagai panduan jika ingin mengulangi pelajaran di rumah secara mandiri.

Apa Kata Mereka

"Saya masuk Program Android Basic di Rumah Coding selama 4 hari di setiap weekend. Dari segi fasilitasnya oke. Ada wifi dan tv led buat presentasi. Disana juga disediakan makanan ringan seperti gorengan permen dan kacang-kacangan dan juga makan siang. Tenaga pengajarnya juga oke. Dijelasin sampai paham."

Angga Anantataqwa

PT. Anugrah Amal Citrabogatama

"Bagi kalian yang bingung cari tempat buat Coding saya saranin di Rumah Coding aja.. Tempat nya bagus materi yang di ajarkan nyampe.. Mentor mentor yang sdh berpengalaman.. Apalagi mas Rino.. Orangnya sangat muda tp jam terbang nya sudah luar biasa.. Salut dah buat rumah Coding.. Sukses selalu ya.. Semoga kedepannya lebih baik dan mengeluarkan anak didik yang berguna bagi Nusa dan bangsa.."

Marwan Ogabe

Kementrian Dalam Negeri

"Terima kasih untuk Rumah Coding atas ilmu & pengalamannya, terutama untuk mentor. Suasana kelas yang kondusif dan sesi Branstorming yang mudah dimengerti."

Farros Aslam

PT Estetindo Global Indonesia

"Terima kasih untuk Rumah Coding atas ilmu dan pengalaman yang sangat berharga, pengajarnya baik dan sabar mau membimbing kita dari awal"

Dian Septiansyah

PT. Trans Retail Indonesia

"Rumah coding The Best beuttt
Materi & cara jelasin dari trainer nya sangat berkesan & mudah difahami
amaze juga sama trainer nya karena usia masih muda tapi skill & pengalaman tidak diragukan
Sukses Teruss Rumah Coding!"

Gunawan Teguh S.

PT Hexpharm Jaya Laboratories

"The teaching was good, detailed, and very relaxed. Learning by creating something using the language is good for participants to follow up after the course. But I suggest participants should find out themselves before applying whether they already have the necessary basic knowledge or not, as Rumah Coding don't prepare some kind of questionnaire and advices (which I believe they should)."

Donny Prasetya E.P.

PT. Sarana Energi Investama

Suasana Training

Dipercaya oleh

Pendaftaran

Silahkan isi formulir berikut untuk mendaftar.

Nama lengkap *
Jenis Kelamin *
No HP (WA) *
Contoh: 087876234234
Email *
Tanggal Lahir *
Nama Sekolah
Alamat *
Pilihan Mode Training *
Pilihan Program *
Pilihan Tanggal *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan Tanggal *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan Tanggal *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *
Pilihan WaKtu *