Profesional Training Mobile App Flutter

Optimalkan potensi tim IT Anda dengan mengikuti training Mobile App Flutter! Keterampilan pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter akan meningkatkan efisiensi tim, menghasilkan aplikasi yang responsif di berbagai platform.

Mobile App Hero

Peningkatan Keterampilan Tim IT:
Kunci Keunggulan dan Daya Saing Perusahaan.

Meningkatkan keterampilan tim IT perusahaan tidak hanya meningkatkan produktivitas dan inovasi, tetapi juga meningkatkan kualitas produk, daya saing, dan fleksibilitas. Selain itu, investasi dalam pengembangan keterampilan membawa keuntungan jangka panjang seperti motivasi dan retensi karyawan, efisiensi operasional, reputasi yang baik di mata pelanggan, serta kemampuan yang lebih baik dalam pemecahan masalah. Dengan demikian, perusahaan yang berfokus pada pengembangan keterampilan timnya akan mendapatkan keunggulan strategis yang signifikan di pasar yang kompetitif.

Icon Flutter

Teknologi Flutter

Flutter adalah framework pengembangan aplikasi mobile open-source yang dikembangkan oleh Google. Memanfaatkan bahasa pemrograman Dart, Flutter menyediakan platform yang efisien untuk membangun antarmuka pengguna (UI) yang konsisten dan menarik di Android, iOS, dan platform web.

UI Flexible

Fleksibel UI

Widget adalah elemen dasar dalam pengembangan UI di Flutter, dan mereka membentuk struktur visual dan perilaku aplikasi. Flutter menyediakan berbagai jenis widget, mulai dari widget dasar seperti teks dan gambar hingga widget yang lebih kompleks seperti daftar scrollable dan animasi. Dengan dukungan widget yang kaya dan fleksibilitas yang tinggi, Flutter mempermudah pengembang dalam membuat UI yang dinamis dan menarik.

Silabus Training Mobile App Flutter

Materi pelatihan ini dirancang dengan cermat berdasarkan pengalaman praktis di industri pengembangan perangkat lunak. Dengan memanfaatkan pengalaman di industri, materi ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam serta solusi praktis dalam menghadapi proyek pengembangan aplikasi yang sesungguhnya.

Training akan berlangsung selama 4 hari dengan durasi per hari adalah 5 jam (09:00 – 15:00).

Materi Pengenalan Flutter dirancang untuk memberikan peserta pelatihan pemahaman mendalam tentang framework pengembangan aplikasi mobile ini. Mereka akan memulai dengan pengenalan konsep dasar Flutter dan bahasa pemrograman Dart yang menjadi dasar pengembangan aplikasi dengan Flutter. Peserta akan belajar mengenai instalasi dan pengaturan lingkungan pengembangan, serta membuat proyek sederhana dengan Flutter. Materi ini mencakup pemahaman struktur proyek Flutter, konsep widget sebagai elemen dasar, dan bagaimana membuat aplikasi “Hello World.” Tujuan utamanya adalah membekali peserta dengan dasar yang kuat untuk memulai perjalanan pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter.
Materi Pengantar Bahasa Dart bertujuan untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang bahasa pemrograman Dart, yang digunakan sebagai bahasa dasar dalam pengembangan aplikasi mobile dengan Flutter. Materi ini melibatkan pemahaman dasar sintaksis Dart, tipe data, struktur kontrol alur, dan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel dan fungsi. Peserta juga akan mempelajari bagaimana memanfaatkan fitur-fitur khas Dart seperti asynchronous programming untuk mengelola tugas-tugas yang membutuhkan waktu. Dengan materi ini, peserta akan siap untuk lebih memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep dasar Dart dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter.
Materi Widget dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada peserta pelatihan tentang konsep widget dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari jenis-jenis dasar widget dan cara menggunakannya untuk membangun antarmuka pengguna yang dinamis dan responsif. Materi ini mencakup widget dasar seperti Text, Container, Row, dan Column, serta penerapan tata letak untuk mengatur dan memosisikan elemen-elemen di layar. Selain itu, peserta akan belajar tentang tema dan gaya dalam Flutter untuk mencapai desain antarmuka yang konsisten. Pada akhir materi ini, peserta diharapkan dapat memahami peran utama widget dalam pengembangan aplikasi Flutter dan dapat mengimplementasikan desain antarmuka yang menarik dan fungsional.
Materi Basic Navigation ditujukan untuk memberikan peserta pemahaman tentang navigasi dasar dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup konsep perpindahan antar layar atau halaman dalam aplikasi dan penggunaan widget seperti Navigator dan MaterialPageRoute untuk mencapai tujuan ini. Peserta akan mempelajari cara mengatur dan menanggapi aksi pengguna, seperti tombol kembali dan navigasi dengan parameter. Selain itu, materi ini membahas penggunaan widget seperti MaterialApp dan Scaffold untuk menyusun struktur aplikasi dengan navigasi yang jelas. Dengan penekanan pada navigasi dasar, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengalaman pengguna yang intuitif dan efisien dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi Dummy Data dengan Faker dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam membuat dan mengelola data uji (dummy data) dengan menggunakan library Faker dalam pengembangan aplikasi menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara menggunakan Faker untuk menghasilkan data yang realistis dan bervariasi, termasuk teks acak, nama, alamat, tanggal lahir, dan informasi lainnya. Materi ini juga akan mencakup penggunaan dummy data dalam pengujian aplikasi dan simulasi pengembangan. Dengan materi ini, peserta diharapkan dapat menciptakan data uji yang relevan dan menyeluruh, meningkatkan efektivitas pengujian dan pengembangan aplikasi mereka.
Materi ListView dirancang untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang penggunaan widget ListView dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari konsep dasar ListView dan bagaimana menggunakannya untuk menampilkan daftar elemen secara dinamis. Materi ini mencakup penggunaan berbagai jenis ListView, termasuk ListView.builder untuk menangani daftar panjang secara efisien. Selain itu, peserta akan belajar cara menavigasi antar layar dengan menggunakan ListView sebagai pemilik widget utama. Materi ini juga akan membahas cara menangani interaksi pengguna, seperti ketukan atau sentuhan pada elemen daftar. Dengan materi ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan daftar yang dinamis dan responsif dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi Image Component dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai penggunaan widget gambar (Image) dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup cara memuat dan menampilkan gambar dari berbagai sumber, seperti aset lokal, jaringan, dan penyimpanan cloud. Peserta akan mempelajari penggunaan widget Image dan fitur-fitur pendukungnya, seperti memanipulasi ukuran gambar, memuat gambar secara asinkron, dan menangani situasi yang melibatkan kegagalan muatan gambar. Materi ini juga akan membahas teknik optimal untuk memanipulasi dan mengintegrasikan gambar dalam antarmuka pengguna, serta cara mengoptimalkan performa penggunaan gambar dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman tentang materi ini, peserta diharapkan dapat secara efektif mengelola dan menampilkan berbagai jenis gambar dalam proyek Flutter mereka.
Materi Form Widget dirancang untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang penggunaan widget formulir (Form) dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara membuat formulir dengan menggunakan widget-form yang disediakan oleh Flutter, seperti TextFormField, DropdownButton, dan lainnya. Materi ini mencakup validasi input, menangani perubahan nilai pada formulir, serta bagaimana menggabungkan formulir dengan widget lain dalam antarmuka pengguna. Peserta juga akan memahami cara mengelola status formulir dan menangani pengiriman data formulir ke server atau penyimpanan lokal. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu membuat formulir yang responsif, validasi input, dan terintegrasi dengan baik dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi StatefulWidget dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan penggunaan widget StatefulWidget dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari perbedaan antara StatelessWidget dan StatefulWidget, serta kapan dan bagaimana menggunakan StatefulWidget untuk mengelola dan memperbarui state dalam aplikasi. Materi ini mencakup siklus hidup (lifecycle) dari StatefulWidget dan bagaimana menggunakan metode-metode seperti `initState` dan `dispose`. Peserta juga akan memahami cara membangun dan memelihara state yang dinamis dalam widget. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan widget StatefulWidget secara efektif dalam pengembangan aplikasi Flutter mereka.
Materi Snackbar dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang penggunaan dan integrasi widget Snackbar dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara membuat dan menampilkan pemberitahuan sementara (Snackbar) sebagai respons terhadap tindakan pengguna atau kejadian tertentu dalam aplikasi. Materi ini mencakup parameter-parameter dan opsi yang dapat dikustomisasi pada widget Snackbar, serta cara menanggapi tindakan pengguna yang terkait. Peserta juga akan memahami cara menampilkan Snackbar dalam konteks berbagai layar dan widget, serta strategi terbaik dalam memanfaatkannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu menyertakan Snackbar secara efektif dalam aplikasi Flutter mereka untuk memberikan informasi atau umpan balik yang relevan kepada pengguna.
Materi SQLite dirancang untuk memberikan peserta pelatihan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan database SQLite dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup konsep dasar database, pembuatan dan manajemen database SQLite, serta cara mengakses dan memanipulasi data menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari operasi dasar seperti penyimpanan, pengambilan, pembaruan, dan penghapusan data dalam konteks aplikasi Flutter. Materi ini juga mencakup aspek-aspek seperti penanganan kesalahan, keamanan data, dan optimalisasi kinerja database SQLite dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengelola database SQLite secara efektif untuk menyimpan dan mengakses data dalam aplikasi mereka.
Materi Sqflite dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam mengimplementasikan dan mengelola database SQLite menggunakan paket Sqflite dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari langkah-langkah pembuatan dan struktur database, serta bagaimana menggunakan Sqflite untuk melakukan operasi dasar seperti penyimpanan, pengambilan, pembaruan, dan penghapusan data. Materi ini juga mencakup aspek-aspek seperti penanganan kesalahan, kinerja optimal, dan pemodelan data dalam konteks aplikasi Flutter. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu mengintegrasikan dan mengelola database Sqflite secara efektif untuk menyimpan dan mengambil data dalam aplikasi Flutter mereka dengan keefisienan dan konsistensi yang tinggi.
Materi WidgetBindingsObserver dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta mengenai konsep WidgetBindingsObserver dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup penjelasan tentang observasi perubahan pada widget dan bagaimana mengimplementasikan WidgetBindingsObserver untuk memantau dan merespons perubahan tersebut. Peserta akan mempelajari cara menggunakan WidgetBindingsObserver untuk mengamati dan mengelola state widget, serta bagaimana mengatasi perubahan state yang kompleks. Materi ini juga mencakup penerapan WidgetBindingsObserver dalam manajemen state dan pemeliharaan kode dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan WidgetBindingsObserver untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi aplikasi mereka.
Materi TextEditingController dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan dan implementasi widget TextEditingController dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara menggunakan TextEditingController untuk mengelola dan memonitor input pengguna dalam formulir dan input teks. Materi ini mencakup penggunaan TextEditingController untuk mengambil dan menyimpan nilai input, serta bagaimana menyinkronkan nilai input dengan widget antarmuka pengguna. Peserta juga akan memahami cara menanggapi perubahan input dan mengimplementasikan validasi sederhana dengan menggunakan TextEditingController. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu mengintegrasikan TextEditingController secara efektif dalam pengembangan aplikasi Flutter untuk mengelola input pengguna dengan responsif dan dinamis.

Jadwal dan Biaya Training

Berikut adalah jadwal kelas reguler untuk kursus Mobile App (Flutter).

Catatan:
- Jumlah peserta untuk kelas reguler adalah 3-8.
- Peserta dapat mengikuti kelas secara offline atau online.

Biaya training untuk kelas reguler adalah Rp. 3.000.000 per peserta.

Klik pada tombol DAFTAR di bawah untuk mendaftar kursus kelas REGULER.
Untuk CORPORATE TRAINING atau PRIVATE, silahkan klik disini.

Untuk corporate training (group) atau private, silahkan klik disini.

Training Berbasis Proyek

Dalam training peserta akan membuat sebuah proyek aplikasi sederhana, yaitu "SekolahKu". Fokus utama proyek ini adalah manajemen data siswa, yang melibatkan implementasi fungsi kunci seperti menambah, mengedit, menghapus, dan menampilkan data siswa. Proyek SekolahKu akan memberikan peserta peluang untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari selama training, memperdalam pemahaman mereka tentang Flutter, serta meningkatkan keterampilan praktis dalam pengembangan aplikasi mobile. Melalui pendekatan berbasis proyek, peserta tidak hanya akan memperoleh pengetahuan konseptual, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan dalam proyek-proyek pengembangan aplikasi yang sesungguhnya.

sekolahku-membuat-data-siswa

Membuat Data Siswa

Fitur "Membuat Data Siswa" dalam proyek SekolahKu akan memberikan peserta kesempatan untuk mengimplementasikan berbagai konsep dan materi Flutter. Mereka akan belajar menggunakan TextEditingController untuk mengelola input pengguna, Sqflite untuk menyimpan data siswa dalam database lokal, serta WidgetBindingsObserver untuk mengawasi dan merespons perubahan state dalam formulir. Melalui fitur ini, peserta akan merancang antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi siswa dengan mudah. Dengan mengintegrasikan konsep-konsep tersebut, peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang Flutter dan memiliki keterampilan praktis dalam mengembangkan fitur tambahan dalam aplikasi mobile mereka.

List Data Siswa

Fitur "List Data Siswa" dalam proyek SekolahKu akan melibatkan penerapan sejumlah materi penting dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan memanfaatkan widget ListView untuk membuat tampilan daftar yang dinamis, menyajikan data siswa dengan responsif dan terstruktur. Sqflite akan digunakan untuk mengambil data siswa dari database lokal dan menampilkannya dalam daftar. Selain itu, konsep WidgetBindingsObserver dapat diterapkan untuk memastikan bahwa perubahan data dapat diperbarui secara dinamis dalam daftar saat ada pembaruan. Melalui fitur ini, peserta akan membangun keterampilan dalam mengelola tampilan daftar yang efisien dan memahami cara mengintegrasikan berbagai konsep Flutter untuk menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dalam menavigasi dan menampilkan data siswa.

sekolahku-listview
sekolahku-edit-data-siswa

Edit Data Siswa

Fitur "Edit Data Siswa" dalam proyek SekolahKu akan memungkinkan peserta untuk mendalami sejumlah materi kunci dalam pengembangan aplikasi mobile dengan Flutter. Penggunaan TextEditingController akan diajarkan untuk mengelola input pengguna pada formulir pengeditan data siswa. Konsep StatefulWidget akan diterapkan untuk memastikan responsif dan dinamisnya antarmuka saat pengguna mengedit informasi siswa. Materi Sqflite akan digunakan untuk mengimplementasikan logika backend yang memungkinkan penyimpanan dan pembaruan data siswa dalam database lokal. Selain itu, WidgetBindingsObserver dapat diaplikasikan untuk memastikan pembaruan state yang tepat dan responsif saat ada perubahan data. Melalui fitur ini, peserta akan memperdalam pemahaman mereka tentang Flutter dan mengasah keterampilan praktis dalam mengembangkan fitur pengeditan data siswa yang efektif dan efisien.

Detail Data Siswa

Fitur "Detail Data Siswa" dalam proyek SekolahKu akan mengajarkan peserta bagaimana mengimplementasikan tampilan detail yang informatif dan menarik untuk setiap data siswa. Materi Flutter yang diterapkan dalam fitur ini termasuk penggunaan widget Text dan Image untuk menampilkan informasi siswa seperti nama, alamat, dan foto. Konsep navigasi menggunakan widget MaterialPageRoute dan Navigator akan diajarkan untuk memungkinkan pengguna beralih ke layar detail. Selain itu, peserta akan memanfaatkan Sqflite untuk mengambil data siswa dari database lokal dan merancang tata letak yang menarik untuk tampilan detail. Melalui fitur ini, peserta akan mengasah keterampilan dalam membuat tampilan detail yang informatif dan responsif dengan menggunakan berbagai elemen UI yang disediakan oleh Flutter.

sekolahku-detail-data-siswa
sekolahku-search-data-siswa

Search Data Siswa

Fitur "Search Data Siswa" pada proyek SekolahKu akan memungkinkan peserta untuk mempelajari dan menerapkan berbagai konsep Flutter yang relevan dengan pencarian data. Materi utama termasuk penggunaan widget TextFormField dan TextEditingController untuk mengelola input pengguna pada kolom pencarian. Peserta akan memahami cara mengintegrasikan Sqflite untuk melakukan pencarian dalam database lokal dan menampilkan hasilnya dengan widget ListView yang dinamis. Penerapan WidgetBindingsObserver dapat diterapkan untuk memastikan pembaruan responsif dalam daftar hasil pencarian saat ada perubahan data. Dengan memadukan konsep-konsep ini, peserta akan dapat mengimplementasikan fitur pencarian yang efektif dan efisien dalam aplikasi SekolahKu mereka.

Halaman Login

Fitur "Halaman Login" dalam proyek SekolahKu akan memperkenalkan peserta pada konsep autentikasi pengguna menggunakan Flutter. Materi utama yang akan diterapkan termasuk widget TextFormField dan TextEditingController untuk mengelola input username dan password dari pengguna. Peserta juga akan mempelajari cara mengintegrasikan Sqflite untuk melakukan verifikasi login dengan membandingkan informasi yang dimasukkan dengan data pengguna yang disimpan dalam database lokal. Materi Flutter lainnya yang relevan termasuk pembuatan tata letak halaman login yang menarik dan responsif, serta pemanfaatan widget RaisedButton untuk mengaktifkan proses login. Melalui fitur ini, peserta akan mendapatkan keterampilan dalam mengimplementasikan halaman login yang aman dan efektif dalam aplikasi mereka.

sekolahku-login

Apa Kata Mereka

“Saya masuk Program Android Basic di Rumah Coding selama 4 hari di setiap weekend. Dari segi fasilitasnya oke. Ada wifi dan tv led buat presentasi. Disana juga disediakan makanan ringan seperti gorengan permen dan kacang-kacangan dan juga makan siang. Tenaga pengajarnya juga oke. Dijelasin sampai paham.”

Angga Anantataqwa

PT. Anugrah Amal Citrabogatama

“Bagi kalian yang bingung cari tempat buat Coding saya saranin di Rumah Coding aja.. Tempat nya bagus materi yang di ajarkan nyampe.. Mentor mentor yang sdh berpengalaman.. Apalagi mas Rino.. Orangnya sangat muda tp jam terbang nya sudah luar biasa.. Salut dah buat rumah Coding.. Sukses selalu ya.. Semoga kedepannya lebih baik dan mengeluarkan anak didik yang berguna bagi Nusa dan bangsa..”

Marwan Ogabe

Kementrian Dalam Negeri

“Terima kasih untuk Rumah Coding atas ilmu & pengalamannya, terutama untuk mentor. Suasana kelas yang kondusif dan sesi Branstorming yang mudah dimengerti.”

Farros Aslam

PT Estetindo Global Indonesia

“Terima kasih untuk Rumah Coding atas ilmu dan pengalaman yang sangat berharga, pengajarnya baik dan sabar mau membimbing kita dari awal”

Dian Septiansyah

PT. Trans Retail Indonesia

“Rumah coding The Best beuttt Materi & cara jelasin dari trainer nya sangat berkesan & mudah difahami amaze juga sama trainer nya karena usia masih muda tapi skill & pengalaman tidak diragukan Sukses Teruss Rumah Coding!”

Gunawan Teguh S.

PT Hexpharm Jaya Laboratories

“The teaching was good, detailed, and very relaxed. Learning by creating something using the language is good for participants to follow up after the course. But I suggest participants should find out themselves before applying whether they already have the necessary basic knowledge or not, as Rumah Coding don’t prepare some kind of questionnaire and advices (which I believe they should).”

Donny Prasetya E.P.

PT. Sarana Energi Investama

Suasana Training

Client

Get Quotation

Persiapkan transformasi digital untuk perusahaan dengan memberikan pelatihan IT terbaik untuk tim Anda. Silahkan masukan email Anda, Kami akan mengirimkan penawaran harga training terbaik melalui email.