Materi Pengenalan Flutter dirancang untuk memberikan peserta pelatihan pemahaman mendalam tentang framework pengembangan aplikasi mobile ini. Mereka akan memulai dengan pengenalan konsep dasar Flutter dan bahasa pemrograman Dart yang menjadi dasar pengembangan aplikasi dengan Flutter. Peserta akan belajar mengenai instalasi dan pengaturan lingkungan pengembangan, serta membuat proyek sederhana dengan Flutter. Materi ini mencakup pemahaman struktur proyek Flutter, konsep widget sebagai elemen dasar, dan bagaimana membuat aplikasi “Hello World.” Tujuan utamanya adalah membekali peserta dengan dasar yang kuat untuk memulai perjalanan pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter.
Materi Pengantar Bahasa Dart bertujuan untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang bahasa pemrograman Dart, yang digunakan sebagai bahasa dasar dalam pengembangan aplikasi mobile dengan Flutter. Materi ini melibatkan pemahaman dasar sintaksis Dart, tipe data, struktur kontrol alur, dan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel dan fungsi. Peserta juga akan mempelajari bagaimana memanfaatkan fitur-fitur khas Dart seperti asynchronous programming untuk mengelola tugas-tugas yang membutuhkan waktu. Dengan materi ini, peserta akan siap untuk lebih memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep dasar Dart dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter.
Materi Widget dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada peserta pelatihan tentang konsep widget dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari jenis-jenis dasar widget dan cara menggunakannya untuk membangun antarmuka pengguna yang dinamis dan responsif. Materi ini mencakup widget dasar seperti Text, Container, Row, dan Column, serta penerapan tata letak untuk mengatur dan memosisikan elemen-elemen di layar. Selain itu, peserta akan belajar tentang tema dan gaya dalam Flutter untuk mencapai desain antarmuka yang konsisten. Pada akhir materi ini, peserta diharapkan dapat memahami peran utama widget dalam pengembangan aplikasi Flutter dan dapat mengimplementasikan desain antarmuka yang menarik dan fungsional.
Materi Basic Navigation ditujukan untuk memberikan peserta pemahaman tentang navigasi dasar dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup konsep perpindahan antar layar atau halaman dalam aplikasi dan penggunaan widget seperti Navigator dan MaterialPageRoute untuk mencapai tujuan ini. Peserta akan mempelajari cara mengatur dan menanggapi aksi pengguna, seperti tombol kembali dan navigasi dengan parameter. Selain itu, materi ini membahas penggunaan widget seperti MaterialApp dan Scaffold untuk menyusun struktur aplikasi dengan navigasi yang jelas. Dengan penekanan pada navigasi dasar, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengalaman pengguna yang intuitif dan efisien dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi Dummy Data dengan Faker dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam membuat dan mengelola data uji (dummy data) dengan menggunakan library Faker dalam pengembangan aplikasi menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara menggunakan Faker untuk menghasilkan data yang realistis dan bervariasi, termasuk teks acak, nama, alamat, tanggal lahir, dan informasi lainnya. Materi ini juga akan mencakup penggunaan dummy data dalam pengujian aplikasi dan simulasi pengembangan. Dengan materi ini, peserta diharapkan dapat menciptakan data uji yang relevan dan menyeluruh, meningkatkan efektivitas pengujian dan pengembangan aplikasi mereka.
Materi ListView dirancang untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang penggunaan widget ListView dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari konsep dasar ListView dan bagaimana menggunakannya untuk menampilkan daftar elemen secara dinamis. Materi ini mencakup penggunaan berbagai jenis ListView, termasuk ListView.builder untuk menangani daftar panjang secara efisien. Selain itu, peserta akan belajar cara menavigasi antar layar dengan menggunakan ListView sebagai pemilik widget utama. Materi ini juga akan membahas cara menangani interaksi pengguna, seperti ketukan atau sentuhan pada elemen daftar. Dengan materi ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan daftar yang dinamis dan responsif dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi Image Component dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai penggunaan widget gambar (Image) dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup cara memuat dan menampilkan gambar dari berbagai sumber, seperti aset lokal, jaringan, dan penyimpanan cloud. Peserta akan mempelajari penggunaan widget Image dan fitur-fitur pendukungnya, seperti memanipulasi ukuran gambar, memuat gambar secara asinkron, dan menangani situasi yang melibatkan kegagalan muatan gambar. Materi ini juga akan membahas teknik optimal untuk memanipulasi dan mengintegrasikan gambar dalam antarmuka pengguna, serta cara mengoptimalkan performa penggunaan gambar dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman tentang materi ini, peserta diharapkan dapat secara efektif mengelola dan menampilkan berbagai jenis gambar dalam proyek Flutter mereka.
Materi Form Widget dirancang untuk memberikan peserta pemahaman mendalam tentang penggunaan widget formulir (Form) dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara membuat formulir dengan menggunakan widget-form yang disediakan oleh Flutter, seperti TextFormField, DropdownButton, dan lainnya. Materi ini mencakup validasi input, menangani perubahan nilai pada formulir, serta bagaimana menggabungkan formulir dengan widget lain dalam antarmuka pengguna. Peserta juga akan memahami cara mengelola status formulir dan menangani pengiriman data formulir ke server atau penyimpanan lokal. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu membuat formulir yang responsif, validasi input, dan terintegrasi dengan baik dalam aplikasi Flutter mereka.
Materi StatefulWidget dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan penggunaan widget StatefulWidget dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari perbedaan antara StatelessWidget dan StatefulWidget, serta kapan dan bagaimana menggunakan StatefulWidget untuk mengelola dan memperbarui state dalam aplikasi. Materi ini mencakup siklus hidup (lifecycle) dari StatefulWidget dan bagaimana menggunakan metode-metode seperti `initState` dan `dispose`. Peserta juga akan memahami cara membangun dan memelihara state yang dinamis dalam widget. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan widget StatefulWidget secara efektif dalam pengembangan aplikasi Flutter mereka.
Materi Snackbar dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang penggunaan dan integrasi widget Snackbar dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara membuat dan menampilkan pemberitahuan sementara (Snackbar) sebagai respons terhadap tindakan pengguna atau kejadian tertentu dalam aplikasi. Materi ini mencakup parameter-parameter dan opsi yang dapat dikustomisasi pada widget Snackbar, serta cara menanggapi tindakan pengguna yang terkait. Peserta juga akan memahami cara menampilkan Snackbar dalam konteks berbagai layar dan widget, serta strategi terbaik dalam memanfaatkannya untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu menyertakan Snackbar secara efektif dalam aplikasi Flutter mereka untuk memberikan informasi atau umpan balik yang relevan kepada pengguna.
Materi SQLite dirancang untuk memberikan peserta pelatihan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan database SQLite dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup konsep dasar database, pembuatan dan manajemen database SQLite, serta cara mengakses dan memanipulasi data menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari operasi dasar seperti penyimpanan, pengambilan, pembaruan, dan penghapusan data dalam konteks aplikasi Flutter. Materi ini juga mencakup aspek-aspek seperti penanganan kesalahan, keamanan data, dan optimalisasi kinerja database SQLite dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengelola database SQLite secara efektif untuk menyimpan dan mengakses data dalam aplikasi mereka.
Materi Sqflite dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam mengimplementasikan dan mengelola database SQLite menggunakan paket Sqflite dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari langkah-langkah pembuatan dan struktur database, serta bagaimana menggunakan Sqflite untuk melakukan operasi dasar seperti penyimpanan, pengambilan, pembaruan, dan penghapusan data. Materi ini juga mencakup aspek-aspek seperti penanganan kesalahan, kinerja optimal, dan pemodelan data dalam konteks aplikasi Flutter. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu mengintegrasikan dan mengelola database Sqflite secara efektif untuk menyimpan dan mengambil data dalam aplikasi Flutter mereka dengan keefisienan dan konsistensi yang tinggi.
Materi WidgetBindingsObserver dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta mengenai konsep WidgetBindingsObserver dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Materi ini mencakup penjelasan tentang observasi perubahan pada widget dan bagaimana mengimplementasikan WidgetBindingsObserver untuk memantau dan merespons perubahan tersebut. Peserta akan mempelajari cara menggunakan WidgetBindingsObserver untuk mengamati dan mengelola state widget, serta bagaimana mengatasi perubahan state yang kompleks. Materi ini juga mencakup penerapan WidgetBindingsObserver dalam manajemen state dan pemeliharaan kode dalam aplikasi Flutter. Dengan pemahaman terhadap materi ini, peserta diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan WidgetBindingsObserver untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi aplikasi mereka.
Materi TextEditingController dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan dan implementasi widget TextEditingController dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Peserta akan mempelajari cara menggunakan TextEditingController untuk mengelola dan memonitor input pengguna dalam formulir dan input teks. Materi ini mencakup penggunaan TextEditingController untuk mengambil dan menyimpan nilai input, serta bagaimana menyinkronkan nilai input dengan widget antarmuka pengguna. Peserta juga akan memahami cara menanggapi perubahan input dan mengimplementasikan validasi sederhana dengan menggunakan TextEditingController. Dengan pemahaman materi ini, peserta diharapkan mampu mengintegrasikan TextEditingController secara efektif dalam pengembangan aplikasi Flutter untuk mengelola input pengguna dengan responsif dan dinamis.